Cara menggoreng tempe yang gurih dan renyah

22a78f52-8b34-4a55-b4da-4869c8e2cd23_169.jpg

Menggoreng tempe terlihat mudah. Tetapi diperlukan trik agar tempe matang sempurna dan garing.

Meski makanan sederhana, tempe goreng selalu jadi favorit banyak orang. Apalagi dimakan dengan nasi hangat dan sambal bajak. Untuk membuat tempe goreng tradisional yang empuk gurih, ada beberapa hal yang perlu disiapkan.

1. Bahan

Siapkan 300 gram tempe balok, 100 ml air bersih, dan minyak untuk menggoreng. Saat memilih tempe, perhatikan tekstur dan kepadatannya. Tempe yang bagus dibuat dari kacang kedelai tua yang padat. Sehingga saat ditekan agak keras dan rasanya gurih enak. Lihat juga dari penampang irisannya, pilihlah yang isian kedelainya padat dan utuh.

2. Bumbu halus
Siapkan 3 siung bawang putih,
1 sdt ketumbar, dan 1/2 sdt garam. Halsukan lalu larutkan dengan air. Masukkan potongan tempe kedalamnya. Rendam selama 15-20 menit.

3. Goreng

 

Siapkan minyak panas dan banyak dengan api sedang. Goreng tempe secara bertahap. Hindari menaruh tempe hingga wajan penuh. Hal ini membuat minyak tak bisa mematangkan tempe dengan sempurna nantinya. Goreng hingga kuning kecokelatan. Jangan lupa membalikkan sisian tempe agar matang merata.

4. Angkat dan tiriskan
Angkat tempe dan tiriskan minyaknya. Bisa menggunakan tisu dapur agar lebih efektif. Sajikan hangat dengan sambal bajak atau sambal kecap sesuai sel

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s