Legenda Monster Nian

4b82b157a7a446568bdabd2d49de3f25.jpg

Tahun Baru Imlek merupakan perayaan terpenting orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai di hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh  di tanggal kelima belas (pada saat bulan purnama). Malam tahun baru imlek dikenal sebagai Chuxi yang berarti “malam pergantian tahun”.

Tapi tahukah kamu misteri dibalik kemeriahan perayaan imlek? Menurut legenda cina. Dahulu sekali rakyat cina hidup dalam ketakutan. Karena ada sesosok makhluk astral berwujud monster yang sering datang ke desa-desa untuk memangsa seseorang. Monster itu selalu datang pada saat pergantian tahun. Hal ini tentu menciptakan teror dan rasa takut pada orang-orang cina saat itu. Karena cerita Hantu nian inilah, setiap datang pergantian tahun orang-orang menutup pintu rapat-rapat dan menyembunyikan diri dari hantu monster ini.

Legenda Monster Nian 03

Hingga akhirnya seorang orang tua bijak menyarankan akan lebih baik bila  bersatu untuk melawan dan mengusir hantu nian ini untuk selama-lamanya daripada selalu bersembunyi ketakutan. Warga desa sepakat akan gagasan tersebut dan mereka kemudian mempersiapkan petasan dan banyak alat musik yang mengeluarkan suara keras untuk mengusir monster itu ketika datang ke desa mereka.

Ketika hantu monster nian ini datang ke desa pertama, penduduk melangsungkan aksinya dengan membakar petasan dan memainkan alat musik itu. Hantu nian pun terkejut dan lari tunggang langgang keluar desa. Hal yang sama terjadi di desa selanjutnya dan selanjutnya yang didatangi hantu ini secara bergantian.

Legenda Monster Nian 04

Karena selalu berlari dari satu desa ke desa lainnya. Hantu nian yang berwujud monster mengerikan ini akhirnya kelelahan. Warga desa  kemudian menangkapnya dan membunuhnya bersama-sama. Misteri dibalik Imlek tentang seramnya hantu nian yang dikalahkan dengan suara keras dan bunyi petasan inilah yang kemudian secara turun temurun dilakukan dalam kebudayaan China.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s