5 manfaat Tanaman patah tulang

Tanaman patah tulang yang juga dikenal dengan banyak sebutan lain seperti kayu potong, kayu jaliso, pacing tawa, tikel balung dan lain sebagainya ini merupakan jenis tanaman perdu yang biasanya dijadikan tanaman hias. Pada bagian batang tanaman ini memiliki getah berwarna putih yang mengandung euplol, zat pahit, zat karet, euphorbone, taraksasterol dan juga alaktucerol yang seringkali digunakan untuk penyakit kulit dan juga mengatasi patah tulang. Namun, zat yang biasanya digunakan sebagai obat dalam tanaman ini diantaranya adalah sapogenin, terpenoid, asam ellaf dan juga glikosid. Selain bisa mengatasi patah tulang, ternyata masih ada banyak manfaat tanaman patah tulang yang masih jarang diketahui dan akan kami ulas dengan lengkap berikut ini.

  1. Mengatasi Kapalan

Kapalan merupakan pengerasan dan penebalan kulit yang terjadi karena gesekan atau tekanan terlalu sering dan berlebihan. Kapalan atau callus terjadi karena tubuh bereaksi untuk melindungi bagian kulit dalam yang lebih sensitif dan umumnya terjadi pada jari, tangan, kaki dan tumit yang bisa menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Untuk mengatasi kapalan ini bisa dilakukan dengan batang daun patah seperti berikut ini.

– Rebus 1 genggam batang daun patah sampai mendidih dan biarkan hingga hangat.

– Gunakan untuk merendam area kapalan selama 1/2 jam yang dilakukan dengan teratur.

2. Menyembuhkan Kutil

Kutil merupakan pertumbuhan kulit yang terjadi pada bagian kulit teratas disebabkan karena human papillomavirus atau HPV yang bisa menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Batang tanaman patah tulang ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kutil dengan cara mencampur air rebusan batang tanaman patah tulang dan sesudah dingin dicampur dengan putih telur untuk merendam area kutil selama 1/2 jam.

3. Menyembuhkan Batuk

Batuk sebenarnya merupakan respons alami yang dilakukan tubuh sebagai sistem pertahanan saluran pernapasan apabila terjadi gangguan dari luar untuk membersihkan lendir dan juga penyebab terjadinya iritasi seperti debu dan asap supaya bisa dikeluarkan dari paru paru. Tanaman patah tulang ini juga bisa digunakan sebagai solusi batuk alami yakni dengan menggunakan bagian akar yang dikeringkan.

4. Menghilangkan Tahi Lalat

Tanaman patah tulang juga bisa digunakan untuk menghilangkan tahi lalat yang terus membesar dan menimbulkan rasa gatal. Sesudah digosok dengan air jeruk nipis, getah tanaman patah tulang bisa dioleskan pada tahi lalat dan dilakukan secara teratur sebanyak beberapa kali dalam sehari hingga tahi lalat bisa mengering.

5. Menyembuhkan Sakit Gigi

Tanaman ini juga sangat ampuh untuk menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit ketika anda sedang sakit gigi karena berlubang. Caranya adalah dengan meneteskan getah tanaman patah tulang pada bagian gigi yang sakit dan lakukan 2 kali sehari. Namun perhatikan jangan sampai tertelan karena getah tanaman ini mengandung racun yang bisa menyebabkan mual, muntah dan sakit kepala.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s