Cara membuat perkedel kentang yg enak dan lezatt

 

perkedel-kentang.jpg

Siapa sih, yang nggak tahu kentang? Kentang merupakan salah satu masakan favorit masyarakat. Kentang bisa diolah dengan cara digoreng, direbus, dikukus dan dipanggang. Sayuran ini bisa menjadi menu makanan utama, sampingan maupun jadi camilan lezat.

Hanya di goreng saja lalu dibumbui dengan berbagai rasa sudah banyak orang yang suka. Apalagi diolah menjadi lauk dengan campuran rempah-rempah, pastinya akan menggugah selera. Salah satunya perkedel.

Menurut sejarah, perkedel ini diadaptasi dari frikadeller atau frikadel dalam Bahasa Belanda, yakni semacam daging cincang yang dipadatkan lalu digoreng. Makanan ini awalnya diperkenalkan oleh Belanda saat menjajah Indonesia. Namun, di Indonesia bahan utama daging ini diganti dengan bahan dari kentang yang dihaluskan, lalu digoreng.

Perkedel kentang ini sangat baik bagi tubuh karena mengandung paket gizi yang lengkap. Kentang mengandung vitamin, mineral, serat serta antioksidan. Tak hanya itu, kentang juga mengandung karbohidrat yang menjadi sumber utama tenaga bagi tubuh. Ada juga kandungan protein yang dibutuhkan dalam pembentukan otot dan tulang serta kulit.

Nah, lauk perkedel biasanya sering dijumpai sebagai pelengkap makan nasi, salah satunya dalam hidangan soto. Cara membuat perkedel kentang ini tidaklah sulit. Kamu bisa mengukus atau menggoreng kentang terlebih dahulu kemudian dihaluskan.

Setelah itu campur dengan beberapa bahan seperti bawang merah, bawang putih, pala, garam dan merica yang telah di goreng dan lalu dihaluskan. Perkedel juga bisa dicampur dengan berbagai bahan lain seperti daging ayam, sapi, wortel atau sayur lainnya.

Bahan:
– 1 kg kentang
– Bawang goreng secukupnya
– Daun prei secukupnya, iris halus
– Garam secukupnya
– Penyedap rasa secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– 1 butir telur (kocok lepas)

Bumbu halus:
– 6 siung bawang merah
– 4 siung bawang putih

Cara membuat:
– Kupas kentang, cuci bersih, potong-potong, lalu digoreng. Tiriskan kemudian uleg sampai halus.
– Campur kentang yang telah dihaluskan dengan bumbu halus, daun prei, garam, penyedap rasa, merica bubuk dan bawang goreng. Aduk rata, tes rasa.
– Ambil sedikit adonan, bentuk bulat. Lalu pipihkan, lakukan sampai adonan habis.
– Masukkan kentang yang sudah dibentuk, ke dalam telur yang sudah dikocok lepas, lalu digoreng hingga kuning kecokelatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: