Tradisi makan 7 macam sayur hari ke 7 imlek

 

7-makanan-keberuntungan-selama-imlek

正月七 hari ketujuh dari bulan pertama penanggalan Imlek dinamai 人日rén rì, secara harfiah adalah “Hari Manusia” dan dianggap sebagai hari ulang tahun seluruh umat manusia.

Menurut legenda Tiongkok, 女娲 nǚwā adalah dewi yang menciptakan dunia. Terdapat beberapa versi mengenai legenda berkaitan dengan 女娲. Salah satunya adalah seperti dibawah ini.

Menurut legenda, Nǚwā menciptakan hewan-hewan tertentu pada hari yang berbeda-beda, karena dia kesepian dan ingin hewan-hewan itu untuk menemaninya. Pada hari ketujuh setelah penciptaan dunia, Nǚwā menciptakan manusia dari tanah liat kuning. Dengan kekuatan ilahi yang dipercayakan kepadanya, Nǚwā membuat patung-patung tanah liat menjadi manusia hidup.

人日rén rì adalah hari ketika semua manusia satu tahun lebih tua dan hari itu dirayakan dengan menyantap makanan tertentu, sesuai dengan asal usul orang berasal / etnis.
Bahan-bahan masakan memiliki makna simbolis dan semua bahan-bahan masakannya harus berguna buat meningkatkan kesehatan.

Untuk menghormati kreasi hewan Nūwa, hidangan berbahan sayur mayur akan dimakan atau salad ikan dan sayuran mentah yang disebut 鱼 生; Yú shēng.
Yú shēng secara harfiah berarti “ikan mentah” tetapi karena “ikan (鱼)” homonim dengan kata “kelimpahan (余)” , Yúshēng (鱼 生) ditafsirkan sebagai homonim untuk kata Yúshēng (余 升) yang berarti “peningkatan kelimpahan/ bertambahnya kemakmuran.” Karena itu, yú shēng dianggap sebagai simbol kelimpahan, kemakmuran dan vitalitas.

余 yú, diterjemahkan: “ekstra; kelebihan; tersisa; surplus.
升 shēng, diterjemahkan: “untuk membangkitkan; untuk mengangkat; mempromosikan.”

Berdasarkan hal-hal diatas, maka sesungguhnya hidangan yú shēng disantapnya pada hari ke-7 bulan ke -1 Imlek. Tetapi kebiasaan yang lazim dilakukan sekarang ialah pada kapan saja during perayaan Imlek. Yú shēng ini adalah must have/serve dan important meal dalam komunitas Tionghoa di Singapore dan Malaysia. Belakangan juga diikuti oleh diaspora Chinese diberbagai pelosok dunia termasuk di Indonesia!

Bagi komunitas 客家人Kèjiā rén alias suku Hakka / Khek,
年第七 nián dì qī (Hakka: nyan cho chit) “dirayakan” dengan menyantap tujuh macam sayur mayur. Dapat dikatakan bahwa 七样菜 qī yàng cài (Hakka: chit nyong chai) alias tujuh macam sayur adalah “yú shēng” suku Hakka yang khusus dimasak guna merayakan 人日rén rì!

Sesuai namanya, dalam 七样菜, tak ada campuran bahan makanan lain selain sayur mayur. Daging-dagingan seperti seafood, ayam, sapi, babi dan lainnya tidak ada. Bumbu penyedap masakan (garam, lada) masih diperbolehkan.

七样菜 hanya disantap bersama keluarga pada hari ketujuh bulan kesatu penanggalan Imlek. Sayur-mayur yang dimasak itu juga tidak asal sayur. Sayur hijau yang batangnya kosong alias tidak padat, seperti jenis kangkung, tidak dapat digunakan sebagai campuran 七样菜 qī yàng cài.

Umumnya ke tujuh macam sayur-mayur yang dipakai adalah kombinasi dibawah ini*:

1. 蒜菜 suàn cài (green garlic) alias daun bawang bakung simbol dari kemampuan berkalkulasi yang teliti dalam membuat rencana.

2. 蔥菜cōng cài (green onion) alias daun bawang simbol dari kepandaian dan atau kemampuan.

3. 芹菜qín cài (celery) alias seledri simbol dari rajin, tekun, ulet, giat dan hemat.

4. 韭菜 jiǔ cài (Chinese leek) alias kucai simbol dari kelanggengan dan keabadian.

5. 芥末菜 jièmò cài (green mustard) alias sawi tanah simbol dari sikap penuh siasat / piawai berstrategi dan berpandangan jauh.

6. 生菜shēng càii (lettuce) alias selada simbol dari penuh vitalitas, sehat, dinamis serta penuh semangat.

7. 芥蘭 (jiè lán) (Chinese kale) alias kailan simbol kesinambungan dan persatuan serta kekompakan.

Di tahun Tikus Yang Logam 2020 ini, 正月七 jatuh pada hari Jum’at tanggal 31 Januari. Bagi teman-teman yang mau merayakannya dengan menyantap 七样菜 qī yàng cài, masih ada waktu untuk membeli bahan / sayur mayurnya!

FB_IMG_1580425516294

*Bisa saja terdapat varian dari komposisi ketujuh macam sayur mayur tergantung di kawasan mana dispora nya bermukim. Umumnya menyesuaikan/disesuaikan dengan ketersediaan jenis sayuran nya pada lokal dimana mereka bermukim!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s