Informasi

20 tempat wisata singkawang

Singkawang merupakan sebuah derah yang berada di Kalimantan Barat, Kota ini mempunyai sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Singkawang. Singkawang punya banyak Spot objek wisata keren, Mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian , sampai air terjun yang sangat memanjakan mata.

Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Singkawang, Jangan khawatir akan keindahannya, Kota ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini terkenal dengan wisata budaya Tionghoa, namun ternyata Kota ini juga memiliki banyak tempat-tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.
Baiklah agar tidak panjang lebar, langsung saja ke titik tujuan konsep ini di buat, konsep ini bertujuan Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Singkawang yang paling indah.

berikut kami ulas secara singkat 10 Tempat Wisata di Singkawang Terbaru yang harus segera di explore:
1. Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang adalah salah satu obyek wisata alam yang ada di Kalimantan Barat, berupa pantai yang berpasir putih dan panjang yang terletak di Kecamatan Tujuh Belas, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

download (3)1452397590..jpeg

Pantai ini membentang sepanjang 3 kilometer membentang panjang melengkungi laut lepas, sehingga di namakan Pantai Pasir Panjang. Pantai ini memiliki pasir putih yang cantik dan ombak yang tenang. Pantai ini hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Singkawang ke arah Kota Pontianak atau dapat di capai dengan kendaraan selama 20 menit.
Kota Singkawang sendiri berjarak sekitar 142 kilometer dari Kota Pontianak yang menjadi Ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Dari Bandara Supadio atau Terminal Bus Pontianak, anda dapat naik taksi, travel, atau bus untuk sampai ke Kota Singkawang.
Pantai Pasir Panjang menjadi ikon pariwisata Kota Singkawang dan menjadi salah satu objek wisata andalan Provinsi Kalimantan Barat. Pantai ini telah di kembangkan menjadi sebuah paket wisata terpadu bernama Taman Pasir Panjang Indah yang di singkat dengan TPPI.

Pesona Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir Panjang memiliki hamparan pasir pantai yang putih, bersih, luas dan panjang. sehingga sangat nyaman buat anda yang suka berjemur atau pun bersantai di bibir pantai, selain itu kawasan ini juga sangat cocok buat anda yang suka berolahraga voli pantai atau pun olahraga lainnya. anda juga dapat menikmati keindahan panorama alam dengan biru nya laut yang berlatar kaki langit yang juga biru, dari kejauhan Samar-samar terlihat indah hijau nya Pulau Lemukutan, Pulau Kabung, dan Pulau Randayan yang di pagari perairan Laut Natuna.

download (4)-2105883721..jpeg

Selain pantai nya ternyata air lautnya juga tidak kalah memepesona. Air laut yang jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas anda yang hobi berenang atau menyelam, ombak nya relatif besar sehingga sangat cocok untuk berselancar sedangkan air s laut nya menjadi rumah bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan sebagai area memancing.
Sama hal nya dengan pantai-pantai lain nya yang ada di Kalimantan. Pantai ini juga menghadirkan pemandangan yang luar biasa saat tenggelam nya matahari atau yang di sebut juga dengan Sunset.

Harga Tiket
Untuk biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Fasilitas Pantai Pasir Panjang

Di Kawasan Pantai Pasir Panjang memiliki beberapa fasilitas sangat lengkap, seperti Hotel, diskotik, restoran, cafe, panggung hiburan, tempat ibadah, toko suvenir dan kolam renang.

Selain itu juga tedapat persewaan gokart, speed boat, sepeda air, dan darmoling, yang bisa anda gunakan sebagai alat untuk berkeliling di kawasan pantai ini. bagi anda yang membawa anak, di kawasan ini juga terdapat tempat khusus bermain anak-anak.
2. Pantai Kura-Kura

Pantai ini sebenarnya terletak di Kabupaten Bangkayang dan berbatasan dengan Kota Singkawang.

download (5)53591424..jpeg

Tidak seperti pantai lainnya yang ada di Kalimantan Barat, Pantai ini kurang di kenal karena tempatnya yang cukup tersembunyi. namun karena sebab ini lah, Pantai Kura-kura menjadi favorit Kura-kura untuk bertelur di pantai ini.

Akses
Untuk dapat mencapai lokasi Pantai Kura-kura, Wisatawan yang dari Kota Pontianak harus menempuh perjalanan sekitar 110 Km atau selama 3 jam untuk sampai ke Tanjung Gundul.

download (6)-1886915166..jpeg

Sedangkan dari Kota Singkawang hanya di butuhkan waktu sekitar 20 menit, Selanjutnya anda harus meneruskan perjalanan sekitar 3 Km untuk dapat mencapai Objek Wisata Pantai Kura-kura yang berada di balik bukit kecil di bibir pantai.

Keindahan Pantai

Pantai Kura-kura menawarkan panorama alam dengan bersihnya hamparan pasir berwarna kuning emas serta biru nya laut yang membuat pantai ini terlihat sangat indah.
Dan jika air laut sedang surut, maka dari kejauhan akan terlihat Pulau Kabung dan Pulau Penata.

download (7)-1456289262..jpeg

Pantai ini juga menawarkan pemandangan yang tak biasa dengan ada nya Kura-kura yang sedang bertelur di malam hari. di Pantai ini sama sekali tidak ada cahaya listrik, yang ada hanya sinar rembulan dan cahaya bintang. sehingga menambah keindahan nya.

Fasilitas

Pantai Kura-kura terbilang masih seadanya, hanya terdapat 2 Cottage dan 1 Dangau. Tempat itu semuanya terbuat dari bahan-bahan alam. Dindingnya terbuat dari kayu, atapnya dari Rumbia, sedangkan lantainya dari batu bata dan arsitekturnya menyerupai rumah penduduk di perkampungan setempat.
Cottage tersebut berukuran 7 x 10 meter dengan 2 kamar tidur. Selain itu terdapat jua warung makan, toilet serta sebuah tempat pembudidayaan udang.

3. Pantai Batu Burung

Pantai Batu Burung terletak di perkampungan nelayan Kelurahan Sedau Kecamatan Singkawang Selatan. Lebih dikenal dengan kampung nelayan karena di daerah ini terdapat banyak nelayan yang mencari ikan.

download (8)1983730815..jpeg

Yang membuat pantai ini menarik untuk dikunjungi adalah batu-batu granit yang banyak berserakan di pantai ini. Juga terdapat jembatan yang menghubungkan pengunjung ke batu granit tersebut.

download (9)-1610245990..jpeg

Bibir pantai nya memang tidak terlalu luas dan dibatasi dengan batu-batu berbentuk kotak untuk menghindari abrasi pantai.

download (10)523909839..jpeg

Pantai Batu Burung yang pada awalnya dijadikan tempat tambatan perahu, namun sekarang ini menjadi tempat rekreasi pemancingan dan santai bagi masyarakat setempat dan wisatawan lokal luar Kota Singkawang. Kondisi lingkungan masyarakat disekitar Pantai Batu Burung sebagian besar adalah nelayan.

download (11)1013810650..jpeg

Sebenarnya Pantai batu Burung ini dulunya adalah sebongkah batu granit raksasa yang terletak agak jauh dari pantai. Jika dari sana kita dapat menikmati bianglala dan langit lazuardi dengan latar belakang pesisir Kota Singkawang dan Gunung Sari. Dahulunya bongkahan batu granit raksasa tersebut ditempati oleh burung-burung yang sangat banyak sekali. Burung-burung itu hinggap di atas batu granit raksasa tersebut. Burung-burung itu santai dan bercengkrama sesama mereka menceritakan pengembaraan dalam mencari makanan. Di batu granit raksasa tersebut burung-burung camar dan burung lainnya melepas lelah karena seharian mencari makan. Itulah sebabnya mengapa tempat itu dinamai dengan Pantai Batu Burung.

pantai-batu-burung-696x464

Panorama Pantai Batu Burung adalah salah satu tempat wisata di Kota Singkawang yang masih “virgin”, karena tempat ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat setempat apalagi masyarakat luas. Pantai Batu Burung ini berdekatan dengan Teluk Mak Jantu Sedau Singkawang. Apabila kita berada di Pantai Batu Burung di sore hari, maka keindahan pantai ini akan tampak jelas dengan pantulan cahaya matahari yang ingin tenggelam.
Kita dapat menikmati keindahan alamnya, dan kita juga bisa memancing ikan di sana secara gratis mumpung ada liburangratis. Sekitar 150 meter kearah pantai terdapat batu besar tempat orang-orang memancing ikan. Jika kita akan ke batu tersebut maka kita dapat menaiki rakit yang telah disediakan oleh masyarakat setempat dengan membayar biaya jasa Rp. 2.000,00 (dua ribu rupiah).

4. Danau Biru

Singkawang, kota yang dijuluki dengan Kota Seribu Klenteng ini tak hanya menawarkan suasana seperti berada di Cina tetapi juga menarik sebagai destinasi untuk berburu obyek fotografi. Selain karakteristik masyarakat dan kotanya yang unik, Singkawang juga memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi terutama wisata alamnya. Salah satunya adalah Danau Biru Singkawang.

download (2)2061882174..jpeg

Danau Biru Singkawang terletak di daerah Singkawang Timur tepatnya di daerah Wonosari, Roban yang hanya berjarak sekitar 6 km saja dari pusat kota Singkawang. Sobat traveler dapat menjangkau tempat wisata tersebut dengan menaiki kendaraan bermotor kurang lebih selama 20 menit karena jalan yang dilalui masih belum bagus, sebaiknya gunakan kendaraan roda dua agar lebih mudah.

Danau-Biru4-696x427.jpg

Sesampainya di danau ini sobat traveler akan disuguhi pemandangan alam yang memukau dan menyejukkan berupa padang rumput, padang pasir, bukit pegunungan, dan tentunya danau yang airnya berwarna biru. Dari tepian danau, sobat traveler dapat melihat deretan Pegunungan Pasi Raya yang membentuk benteng. Pegunungan tersebut meerupakan pegunungan yang membatasi Singkawang dan Bengkayang dengan salah satu puncak yang disebut Gunung Poteng.

Danau-Biru-2

Danau yang dulunya merupakan bekas tambang emas ilegal ini biasanya ramai dikunjungi saat sore hari ataupun pagi hari dimana sinar matahari tidak terlalu panas. Selain itu, pada saat-saat tersebut sobat traveler dapat menanti senja maupun melihat matahari terbit yang menawan dan menarik untuk dijadikan sebagai obyek fotografi.

Danau-Biru5.jpg

Selain memiliki air yang berwarna biru, Danau Biru Singkawang ini memiliki keunikan berupa padang pasir bergunduk dan bebatuan yang terbentuk oleh air hujan. Perlu diketahui bahwa danau ini tidak boleh dipakai sebagai tempat untuk berenang karena dikhawatirkan airnya mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh. Namun tak perlu kecewa, karena di sini sobat traveler masih bisa menikmati keindahan alam sambil bersantai untuk melepas lelah dan penat. Walaupun indah, sebenarnya tempat ini adalah hasil kerusakan alam oleh kegiatan penambangan.

5. Air Terjun Sibohe

Air Terjun Sibohe adalah air terjun yang berada di Desa Pejintan yang masih tergolong air terjun yag alami. Tempat wisata di Singkawang ini berada di 6 km dari pusat kota Singkawang.

download (12)1983730815..jpegUntuk waktu terbaik kunjungan, rekomendasi kami adalah berkunjung di jam satu siang. Karena terik matahari masuk kedalam kolam yang ada di Air terjun ini. Air terjun ini dikelilingi oleh akar pohon besar dan batang pohon yang menambah keindahan dari air terjun ini.

6. Palm Beach

Palm Beach adalah tempat wisata di Singkawang yang berlokasi tidak jauh dari Taman Pasir Panjang Indah.

Pantai Palm ini sangat mudah diakses karena berada pada Jalan Raya Singkawang. Jika kita berkunjung ke Palm Beach, kita akan di suguhkan dengan pemandangan keindahan perbukitan kecil yang eksotis.

7.Taman Bukit Bougenville

Taman Bukit Bougenville adalah tempat wisata di Singkawang yang berada di Desa Sijangkung. Untuk menuju ke wisata ini, kita bisa menempuh jarak 6 km dari pusat pemerintahan Kota Singkawang.

Wisata Taman Bukit Bougenville ini memiliki keunikan tersendiri yang sangat indah karena kita akan disuguhkan oleh pemandangan berlatar belakang Gunung Pasi. Tempat ini dikelilingi perkebunan dan hutan yang hijau nan eksotis tentunya.
8. Taman Chidayu

Taman Chidayu adalah tempat wisata yang berada tidak jauh dari wisata menarik Taman Bukit Bougenville.

Di tempat wisata Singkawang ini kita bias menikmati keindahan taman yang indah. Selain itu kita bisa bersantai di taman ini sambil menunngu matahari terbenam.
9. Pulau Randayan

Tempat wisata di Singkawang yang selanjutnya adalah Pulau randayani yang bias kita tempuh dalam waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan perahu cepat dari dermaga Pantai Pasir Panjang. Pulau Randayani adalah tempat wisata yang dikenal karena berbagai keindahan panorama jajaran batuan karang, dengan berbagai biota dan macam-macam vegetasi laut.

Pulau Randayani dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mumpuni dan lengkap. Salah satunya adalah keberadaan dari villa, kafe, restoran yang sangat membantu kita dan menambah kepuasan wisatawan.

10. Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan tempat wisata yang tak kalah menariknya di kota Singkawang. Di taman ini terdapat pantai pasir dan bebatuan. Di area ini pula terdapat Pulau Simping yang merupakan salah satu pulau terkecil di dunia. Di pulau ini hanya terdiri dari bebatuan dan beberapa jenis pohon saja. Terdapat jembatan yang menjadi akses penghubung bagi para pengunjung untuk dapat berada di pulau ini. Terdapat beberapa lokasi yang baik bagi anda yang suka memancing.

sinka

Sinka Island Park dikelola dengan cukup modern. Kolam renang, kantin, tempat bermain dan berisitirahat didesain dan dibuat dengan baik. Kelapa muda banyak dijajakan didekat pantai sehingga anda tidak perlu khawatir bila kehausan sehabis berjalan-jalan menikmati pemandangan.

Sebenarnya, Sinka Island merupakan sebuah kawasan wisata yang sengaja dibangun sebagai sarana hiburan bagi masyarakat Kalimantan Barat, khususnya untuk warga Singkawang. Di tempat wisata ini, Anda bisa menikmati keindahan pantai yang masih alami. Pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai dengan naik delman atau kuda yang dapat disewa di objek wisata ini.

Selain itu, di kawasan wisata ini juga terdapat beberapa fasilitas pendukung lain yang tidak kalah menarik seperti kantin, kolam renang, dan beberapa kios minuman dan makanan yang menyediakan berbagai macam sajian kuliner yang lezat.

sinka-island-park-kalimantan-barat.jpg
Selain bisa mengelilingi pantai dengan delman dan kuda, para pengunjung juga dapat mencoba berbagai wahana permainan air yang ditawarkan di pantai ini di antaranya adalah sepeda air, jetski, dan banana boat. Salah satu area yang paling populer di tempat wisata ini adalah Sinka Zoo.

11. BUKIT RINDU ALAM

Berada di atas ketinggian merupakan salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan, apalagi jika dilakukan di berbagai tempat yang baru. Jika Anda termasuk satu diantaranya, jangan lewatkan untuk menikmati Bukit Rindu Alam saat berkesempatan mengunjungi Singkawang.

Bukit-Rindu-Alam-1-696x448

Bukit Rindu Alam merupakan bukit dengan ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut yang berada tidak jauh dari beberapa pantai ternama di Singkawang. Dari sini Anda dapat menikmati sejuknya puncak Gunung Kota, Gunung Besar dan Gunung Lapis yang terlihat menyatu. Anda juga dapat menikmati indahnya Pantai Bajau dari atas ketinggian. Pantai Bajau merupakan pantai cantik yang terletak di kaki Bukit Rindu Alam. Karena Pantai Bajau berbatasan langsung dengan Pantai Simping, Anda juga dapat menikmati keindahan Pantai Simping dari atas bukit cantik ini.
Saat musim liburan, Bukit Alam Rindu menjadi incaran banyak wisatawan. Karena itulah jika Anda berdomisili di luar pulau, ada baiknya jika Anda berkunjung di hari kerja. Seperti halnya lokasi wisata di kawasan pegunungan lainnya, di bukit ini terdapat banyak warung makan yang dapat menjamu Anda usai melakukan perjalanan liburan. Tidak hanya itu, di pinggiran bukit juga terdapat beberapa gazebo yang disediakan untuk wisatawan.
Agar sampai di puncak bukit, Anda harus berjalan kaki menyusuri anak tangga yang tersedia. Menariknya, di sepanjang tangga Anda akan disambut dengan aneka patung hewan seperti iguana, kodok, banteng serta kura-kura. Tidak jarang pengunjung mengambil foto di sekitar patung-patung tersebut. Selain itu, foto unik lain yang kerap dibuat di sini adalah foto berlatar indahnya pantai yang ada di sekitar Bukit Alam Rindu.

Bukit-Rindu-Alam-696x308

Karena berada di kawasan perbukitan, pastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi yang baik. Pilih pula sopir yang mengerti betul kawasan di sekitar Bukit Alam Rindu. Jika ingin menikmati sunset, ada baiknya jika Anda tidak sendirian saat berkunjung di sini. Anda bisa mengagendakan liburan bersama teman kerja atau keluarga. Menarik untuk dicoba bukan?Bersantai sembari menikmati kopi di gubug menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh wisatawan. Selain itu ada pula yang sengaja datang saat sore hari. Selain asyik untuk bersantai, menikmati senja di Laut Natuna menjadi aktivitas yang sayang saat berkesempatan menikmati kesejukan Bukit Alam Rindu. Untuk mempercantik suasana, bukit ternama di Singkawang ini juga ditanami aneka bunga yang semakin menambah indah suasana.

12. Taman Burung
Taman burung Singkawang terletak di tengah kota di pinggir sungai Singkawang yang tepatnya di jalan Merdeka di depan kantor walikota lama.

medium_TamanBurung2-696x454.jpg
Tempat ini cocok untuk santai di sore hari bersama keluarga dan kegiatan lainnya, serta pada malam hari taman ini dipenuhi anak-anak remaja yang santai menikmati indahnya lampu yang berwarna-warni. Remaja setempat menyebutnya Taman Mess Daerah karena letaknya persis disamping Mess Daerah Singkawang. Menurut perda No. 1 Tahun 2014 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Singkawang, Taman Burung masuk kepada wilayah Ruang Terbuka Hijau Taman Kota.

13. Taman Gayung Bersambut

Taman Gayung Bersambut terletak di provinsi Kalimantan Barat, di kota Singkawang. Letaknya berada di Jln. Firdaus Rais yang bersebelahan dengan Masjid Agung. Pada Taman ini memiliki ciri khas yaitu adanya Tugu yang menandakan adanya taman ini, nama tugu ini adalah Tugu Gayung Bersambut.

taman-gayung-bersambut-696x501
Taman Gayung Bersambut menjadi salah satu tempat santai dan juga dijadikan tempat wisata oleh pemerintah kota Singkawang, taman ini memiliki pohon-pohonyang rindang dan juga hiasan lampu yang menarik.
Taman Gayung Bersambut cocok dijadikan tempat untuk santai pada sore ataupun malam hari, dan bila ada yang ingin berolah raga pada taman ini juga bisa ber-jogging disekitar taman ini karena udara sejuk yang dihasilkan oleh pepohonan sekitar membuat tubuh kita nyaman untuk melakukan aktifitas olah raga.
Para pengunjung yang mengunjungi taman ini akan dimanjakan oleh beberapa fasilitas pendukung seperti adanya kantin dengan bermacam makanan dan minuman serta tempat santai yang berupa kursi ataupun tempat santai yang dapat ditempati orang banyak seperti cottage sederhana dan beberapa tempat untuk bercengkerama lainnya.

14. Taman Cinta Panjitan

Taman pajintan ini merupakan salah satu bukti bahwa kota Singkawang ini memiliki banyak sekali tempat wisata. Taman Pajintan merupakan tempat wisata buatan yang sangat menarik, maka tidak heran setiap hari banyak pengunjung yang datang di sana.
Wisata di taman Pajintan banyak hal yang menarik yang akan anda temukan di sana, sebab taman ini memiliki konsep yang sangat unik dari taman-taman lainnya menurut kami. Di sana anda dapat menemukan banyak jenis tempat yang menarik.
Nah bagi anda yang hobi berfoto mungkin ini tempat yang paling tepat, sebab terdapat banyak sekali tempat berfoto yang menarik yang memiliki konsep berbeda. Contohnya seperti payung yang bergantungan di atas jalan pinggiran sungai, hiasan berbentuk hati dan lain-lain selain itu latar gunung juga memiliki daya tarik tersendiri di taman pajintan.
Bagi yang memiliki pacar juga sangat direkomendasikan untuk datang ke taman cinta pajintan. Sesuai dengan namanya tempat ini mungkin bisa di bilang sangat romantis jika dikunjungi oleh sepasang kekasih.
Bagi yang jomblo? Jomblo jangan bersedih, karena mungkin kamu akan menemukan jodohmu di sini. Karena tidak menutup kemungkinan jomblo-jomblo yang lainnya juga sedang mencari jodoh taman cinta ini hehe.
taman-cinta-pajintan-singkawang.jpg
Bagi anda yang ingin ke Taman cinta pajintan lokasi taman ini berada di kelurahan Pajintan, Singkawang bagian Timur, Kalimantan Barat. Jika anda kesulitan untuk mencari tempatnya pastikan anda sudah berada di Singkawang bagian Timur, kemungkinan besar anda dapat bertanya kepada masyarakat setempat untuk menemukan lokasi taman cinta pajintan.

15. Taman Batu Belimbing
Taman Batu Belimbing daerah Pajintan, 8 km dari Kota Singkawang, berupa bongkah batu unik yang menyerupai buah belimbing, dikenal juga sebagai Batu Bergantung, dengan hutan sekitar yang masih alami.

taman-batu-belimbing

Lekukan-lekukan pada batu besar tersebut, menyebabkan namanya Batu Belimbing. Bentuknya unik dan aneh, cerita tentang asal-asul batu ini pun bermacam-macam, ada yang bercerita bahwa batu ini merupakan batu yang tumbuh membesar hingga cerita bahwa batu ini adalah meteor yang jatuh.
Keunikan batu yang menyerupai belimbing ini, menjadikannya obyek wisata unik yang harus dikunjungi ketika berwisata ke Singkawang.

16. Waterboom Gunung Poteng

Kota Singkawang makin lengkap keberadaannya sebagai kota wisata nomor wahid di provinsi Kalimantan Barat ini setelah hadirnya objek wisata baru, yaitu: Waterboom dan Taman Cinta Gunung Poteng. Masyarakat Singkawang menyebutnya sebagai Waterboom Gunung Poteng. Wisata Waterboom Gunung Poteng ini diklaim sebagai waterboom terbesar di Kalimantan Barat. Objek wisata yang indah ini terletak di kelurahan Pajintan, kecamatan Singkawang Timur dan berjarak kurang lebih 10 km dari pusat kota Singkawang, serta dapat ditempuh kurang lebih 15 menit dengan kendaraan. Masyarakat yang ingin masuk ke lokasi ini, dikenakan tiket sebesar Rp 40.000,-. Relatif terjangkau dangan biaya tersebut.

Waterboom-Gunung-Poteng
Di tempat ini, disuguhkan aneka wisata yang sangat menarik, seperti: wahana air pancur, kolam renang, berseluncur di kolam, bersepeda di kolam, dan lain sebagainya. Wisata ini juga menyuguhkan pemandangan dengan latar belakang Gunung Poteng sangat indah dan menarik. Gunung Poteng yang dikenal juga sebagai gunung jempol ini, tampak gagah dipandang. Suasana yang cocok untuk menikmati wisata ini adalah pagi dan sore hari. Saat siang hari, panas matahari terasa menyengat. Rasanya puas bisa menikmati wisata ini. Cocok untuk refreshing dan menghilangkan rasa penat di tengah rutinitas dan kesibukan sehari-hari. Anak-anak biasanya sangat senang bermain air dan menikmati tumpahnya air (waterboom) di tempat ini.

17. Masjid Raya Singkawang
Masjid Raya Singkawang adalah salah satu masjid tertua di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, tepatnya di Kota Singkawang. Masjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Muslim Singkawang.

Masjid yang mempunyai cerita yang cukup panjang didirikan awalnya pada tahun 1880, dibangun oleh Bawasahib Maricar dan keluarganya adalah merupakan pendatang dan pedagang dari Calcutta India, yang kemudian diangkat Pemerintah Belanda sebagai Kapitan di Singkawang pada tahun 1875.

Kapitan Bawasahib Maricar membangun Masjid Raya di kawasan Pasar Baru Singkawang kala itu. Saat dibangunnya Masjid tempat ibadah umat Islam di Singkawang saat itu masih sederhana, masih berukuran kecil dan tidak mempunyai menara. Kapitan Bawasahib Maricar membangun Masjid Raya di tanah miliknya yang berbentuk segitiga berdekatan dengan “Kelenteng Pekong” atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya yang dibangun oleh seorang Kapitan dari etnis Tionghoa.

Masjid-Raya-Singkawang.jpg
Namun sekitar tahun 1937, terjadi kebakaran hebat di pusat kota Singkawang kala itu, kebakaran itu telah membumihanguskan bangunan-bangunan, termasuk Masjid Raya dan Vihara. Namun tak lama berselang sekitar tahun 1940 Masjid Raya dibangun kembali kembali dengan lokasi di tempat semula sebelum masjid tersebut terbakar oleh 3 orang bersaudara keluarga dari Bawasahib Maricar yaitu Haji B. Achmad Maricar, B. Mohammad Haniffa Maricar dan B. Chalid Maricar.

Kondisi Masjid diperluas arealnya dengan sumbangan lahan tanah milik keluarga Kapitan Bawasahib Maricar, dan baru pada tahun 1953 mulai dibangun menara yang terletak disamping kiri Masjid Raya, kendati semakin luas namun bentuk areal Masjid tersebut masih berbentuk segitiga, inilah salah satu keunikan dari Masjid Raya Singkawang berdiri dengan bentuk segitiga yang dikelilingi oleh jalan raya.

Sehingga tidaklah mengherankan bila setiap pendatang atau pelancong yang mengunjungi kota Singkawang tidaklah “afdol” bila tidak singgah atau menikmati panorama Masjid Raya Singkawang yang berdekatan dengan Kelenteng atau Vihara Tri Dharma Bumi Raya, kedua bangunan ini merupakan ciri khas tersendiri masyarakat Singkawang yang terkenal dengan sebutan “kota seribu klenteng”, perbedaan agama dan keyakinan tetapi tetap saling menghormati, bahkan saat dilaksanakannya upacara kegiatan di Vihara tersebut terutama saat Imlek dan Cap Go Meh maupun saat Iedul Fitri dan Iedul Adha, keduanya saling menghormati.

18. Tugu Naga Singkawang

tugu-naga

Jika anda ingin melihat tugu naga emas ini,anda bisa datang untuk manyaksikan secara langsung tugu emas ini letaknya tugu ini di Kota Singkawang di pusat kota singkawang Jl. Niaga, Melayu, Singkawang Bar, Kota Singkawang.

19. Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Vihara-Tri-Dharma-Bumi-Raya_1-696x445Vihara ini seperti sudah menjadi ikon dari Kota Singkawang. Meskipun tidak berukuran besar, namun vihara ini menjadi yang tertua di Singkawang. Terletak di Jalan Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat, Singkawang, inilah Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang.

20.Paroki Santo Fransiskus Asisi Singkawang

Paroki Santo Fransiskus Asisi Singkawang adalah paroki Gereja Katolik Roma di Keuskupan Agung Pontianak; berpusat di Kelurahan Pasiran – Kecamatan Singkawang Barat, Singkawang, di Kota Singkawang – Kalimantan Barat.

medium_DSCN0724-768x504-741x486
Paroki Singkawang awalnya adalah stasi pertama di pulau Kalimantan bagian Indonesia yang didirikan tahun 1885, dengan Pater Staal SJ sebagai pastor paroki pertama. Awal mula gereja (misi) di Kalimantan dimulai dari Singkawang. Baru kemudian pada awal tahun 1909 dibukalah Stasi Pontianak dan secara bersamaan Mgr. Pacifikus Bos, OFM Cap –Prefek Apostolik Kalimantan– memindahkan pusat kegiatan misi dari Singkawang ke Pontianak.

Sekian Terma kasih.